Monday, November 13, 2017

Gaji Wanita Lebih Tinggi Dibanding Pria dalam Pekerjaan Berikut: Penata Rias

JAKARTA - Dalam dunia kerja dewasa ini, gender atau jenis kelamin merupakan sesuatu yang tidak bisa dijadikan sebagai tolak ukur sebuah karier apalagi sebuah penghasilan. Banyak juga profesi ataupun pekerjaan yang tidak menuntut sebuah jenis kelamin tertentu. Bahkan saat ini, banyak dari profesi yang biasanya dilakukan oleh laki-laki juga dilakukan oleh wanita. Hal ini menjadi sebuah fenomena di mana pekerjaan tidak melihat jenis kelamin akan tetapi melihat kemampuan seseorang dalam menekuninya.

Karier seseorang tentu saja tidak akan ditentukan oleh jenis kelamin, melainkan ditentukan dari kerja keras dan kemampuan seseorang itu dalam menangani hal tersebut atau profesi tersebut. Walaupun banyak dari profesi yang seharusnya dan lazim di tekuni oleh jenis kelamin tertentu. Melihat fenomena ini, ada beberapa pekerjaan wanita yang bergaji lebih tinggi dibaningkan pekerjaan pria. Beberapa pekerjaan ini memang sudah menjadi pekerjaan yang lazimnya dilakukan oleh seorang wanita.

BERITA TERKAIT +

1. Menjadi Penata Rias

Sudah barang tentu wanita akan selalu berhubungan dengan hal-hal yang berhubungan dengan kecantikan. Maka dari itu, profesi yang satu ini adalah profesi dengan penghasilan yang tidak sedikit tentunya. Karena pekerjaan ini memerlukan sebuah pengalaman dan keahlian. Pekerjaan ini mayoritas dilakukan dan sangat tidak lazim apabila ada seorang pria menggeluti profesi ini. Masyarakat tentunya akan beranggapan aneh apabila ada laki-laki menggeluti profesi ini.

Secara naluriah wanita mempunyai insting yang lebih kuat dibandingkan pria dalam menggeluti profesi ini. Ini karena wanita sendiri adalah konsumen dan pengguna langsung dari produk-produk rias yang ada di pasaran. Jadi, tidak aneh apabila wanita yang menggeluti karier dalam tata rias dan banyak menuai sukses serta memiliki bayaran lebih tinggi dari pada pria dalam menggelutinya.

2. Human Resource Development

Walaupun sudah banyak pria dan wanita yang menggeluti profesi Human Resource Development (HRD). Namun entah bagaimana banyak wanita yang lebih cocok dalam profesi ini. Selain perasaan dan juga insting seorang wanita, profesi yang banyak berhubungan dengan psikologi manusia ini dirasa adalah hal yang sesuai dengan seorang wanita. Maka tidak jarang apabila banyak wanita yang berhasil dalam profesi ini dan mempunyai nilai tawar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pria yang menggeluti profesi serupa.

3. Pengajar

Profesi yang satu ini juga merupakan profesi yang cocok dan melekat dengan seorang wanita, betapa seorang guru wanita akan mempunyai nilai tersendiri dibandingkan dengan guru laki-laki. Walaupun jumlah dari profesi guru atau pengajar nyaris mempunyai presentase yang sama antara pria dan wanita.

Namun demikian masih banyak juga profesi pengajar yang banyak dijalani oleh pengajar wanita, seperti mengajar pada kelas-kelas anak berkebutuhan khusus dan mengajar anak usia dini. Ini karena wanita memiliki naluri keibuan, jadi sangat cocok untuk profesi ini. Dan tidak jarang juga pria akan sedikit mendapat kompensasi lebih rendah dari seorang wanita.

4. Ahli Gizi

Selain memerlukan pendidikan yang cukup tinggi atau setara dengan pendidikan master, seorang Ahli Gizi juga melekat dan lebih pas apabila ditekuni oleh seorang wanita. Walaupun banyak juga pria yang menekuni profesi ini. Entah siapa dan bagaimana, wanita lebih pas dan banyak menekuni profesi ini. Maka, tidak jarang juga wanita yang lebih sukses dalam profesi ini.

5. Terapis

Terapis atau ahli terapi adalah profesi di mana mereka harus dengan telaten dan sabar memberikan penyembuhan dan pemulihan kembali untuk seseorang yang mengalami sesuatu. Seorang wanita sangat pas untuk profesi ini. Selain identik dengan tekun dan sabar, seorang pasien akan lebih nyaman diterima oleh pasiennya apabila seorang wanita yang akan membantu proses masa pemulihan tersebut. Walaupun tidak sedikit juga seorang pria menekuni profesi tersebut.

Gender Bukan Merupakan Halangan

Walaupun gender bukan merupakan halangan untuk berkarier, namun ada profesi atau pekerjaan tertentu yang memang sudah melekat dan lebih pas ditekuni oleh jenis kelamin tertentu. Hal ini sangat erat kaitannya dengan naluri dan kodrat dari Tuhan yang diberikan untuk laki-laki dan wanita.

(rzk)

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...