Wednesday, November 8, 2017

Bunga Bangkai Tumbuh di Halaman Warga Purwakarta

PURWAKARTA (Pos Kota) – Warga Kampung Sukamulya, RT 01 RW 6,Kel Ciseureuh , Kab Purwakarta, Jawa Barat, dihebohkan dengan ditemukannya Bunga Bangkai yang tumbuh di halaman rumah warga setempat, Rabu (08/11/2017).

Kemunculan bunga langka bernama latin Rafflesia Arnoldi tersebut sontak menarik perhatian warga sekitar yang penasaran untuk melihat secara langsung bentuk dan jenis bunga tersebut.

Pemilik rumah, Iwan Setiawan mengaku bingung juga aneh lantaran hanya di halaman belakangan rumahnya yang ditumbuhi bunga bangkai sudah 2 kali, pada tahun 2016 dan tahun 2017.

"Bunga Bangkai ini berukuran sekira kurang lebih 60 cm. Tahun-tahun sebelumnya usai muncul umbinya, bunganya kemudian menghilang, paling bertahan 1 minggu setelah bunga mekar seperti ini, " kata Iwan Rabu (08/11/2017).

Iwan bingung dan aneh, karena bunga bangkai ini hanya tumbuh di perkarangan halaman rumahnya. Sementara di tempat tetangga atau tempat lainnya di Purwakarta tak satupun yang ditumbuhi bunga bangkai seperti di kediamannya.

"Sedikit bingung dan aneh aja, pak. Bunga bangkai ini hanya tumbuh di halaman rumah dan tidak ada di tempat tetangga atau sekitarnya. Bunga ini mendadak muncul di halaman rumah, jika ada pergantian musim atau pancaroba," jelasnya.

Menurutnya, kemunculan bungkai bangkai kemungkinan juga fenomena alam. Bunga bangkai dirumahnya ini memiliki tinggi sekira 60-65 cm, kalau menjelang sore mengeluarkan aroma bau tak sedap.

"Keunikan bunga ini adalah saat bunganya mengembang langsung mengeluarkan bau busuk disertai banyak lalat di sekitar mahkota bunga. Pada saat mekar diameter bunga bisa mencapai 65 cm, dengan ketinggian mencapai 60 cm," ungkap dia.

Iwan mengaku tak bermimpi atau mendapat firasat terlebih dahulu sebelum bunga tersebut muncul. "Tumbuh secara tiba tiba saja," pungkasnya. (dadan/Tri)

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...