Friday, March 31, 2017

Bupati Rendra Anggap Isu Pemekaran Kabupaten Malang Aneh

Bupati Rendra Anggap Isu Pemekaran Kabupaten Malang Aneh
Logo Kabupaten Malang@MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Kabupaten Malang memang menjadi salah satu wilayah di Jawa Timur (Jatim) yang masuk dalam daftar Pansus Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jatim sebagai wilayah yang akan dimekarkan dari 10 daerah yang ada di Jawa Timur.

Tercatat ada delapan kecamatan yang siap memisahkan diri dari Kabupaten Malang, yakni Kecamatan Poncokusumo, Tumpang, Tajinan, Jabung, Pakis, Singosari, Lawang, dan Karangploso.

Kedelapan kecamatan tersebut bersiap merealisasikan wacana pemekaran wilayah Kabupaten Malang. Namun Bupati Malang, Rendra Kresna menilai wacana pemekaran wilayah Kabupaten Malang yang digagas DPRD Provinsi Jatim itu sangat aneh. Sebab,  usulan pemekaran merupakan aspirasi dari masyarakat setempat, bukan DPRD.

"Usulan pemekaran wiyah itu seharusnya merupakan aspirasi dan keinginan masyarakat di Kabupaten Malang, tapi kenapa ini justru dari DPRD, apalagi DPRD Provinsi, bukan Kabupaten Malang. Ini kan aneh," kata Rendra Kresna, dikutip dari Antara Jumat (31/03).

Pria yang pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Malang sejak 1997 itu mengungkapkan bahwa wilayah Kabupaten Malang cukup luas, yakni sekitar 3.500 kilometer persegi, dengan penduduk lebih dari 3,2 juta jiwa itu bisa dimekarkan menjadi empat kabupaten. Namun, apakah dengan kebijakan pemekaran itu akan lebih efektif dan masyarakatnya bisa lebih sejahtera.

Di Kabupaten Malang, lanjutnya, bahkan di wilayah Pulau Jawa tidak ada desa yang terisolasi, semua bisa diakses dan terlayani dengan baik, termasuk akses informasi melalui teknologi yang terus berkembang. Dengan kondisi seperti sekarang ini, rasanya aneh kalau ada wacana agar wilayah Kabupaten Malang dimekarkan.

Berikan tanggapan Anda

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...