Friday, November 3, 2017

Populernya nasi lemak, dari gaun Miss Universe hingga rasa es krim dan pizza

Malaysia membuat pakaian yang tidak biasa untuk perwakilan ajang Miss Universe tahun ini, sebuah gaun yang menggambarkan nasi lemak.

Panitia kontes lokal pada hari Selasa (31/10) memamerkan gaun yang akan dipakai Samantha Katie James dalam ajang kostum nasional di final Miss Universe, yang akan diselenggarakan akhir bulan ini di Las Vegas.

Gaun yang membuat warga Malaysia senang sekaligus bingung, mungkin adalah pilihan yang aneh, namun itu bukan kali pertama metamorfosis nasi lemak menghebohkan wilayah Asia Tenggara.

Apa itu nasi lemak?

Nasi lemak adalah makanan yang biasa dimakan sebagai sarapan di beberapa wilayah di Sumatera.

Namun bagi Anda yang tinggal di gua dan belum pernah makan nasi lemak, pada dasarnya nasi lemak adalah nasi yang dimasak dengan santan dihidangkan dengan berbagai lauk, yang standar adalah telur goreng, potongan ketimun, ikan teri, kacang dan sambal.

Makanan ini biasanya dibungkus dengan daun pisang. Mirip dengan nasi uduk di Jawa. Bedanya hanya lauk yang dihidangkan bersama nasi yang 'berlemak' karena mengandung lemak santan.

Bagaimana Anda mengenakannya?

Dengan sangat hat-hati, tentu saja. Pada Selasa, James berjalan melewati sebuah pintu dengan sangat hati-hati ke sebuah koferensi pers di Kuala Lumpur, untuk menghindari sayap hijau yang menggambarkan daun pisang yang melekat di gaunnya rusak.

Desainer lokal Brian Khoo juga menambahkan hiasan di gaun itu, yang terbuat dari sutra berwarna gading untuk menggambarkan nasi, untuk menggambarkan lauk, seperti kristal berwana merah untuk sambal, manik-manik berwarna hijau untuk ketimun.

Panitia memperkenalkan pakaian itu, yang membutuhkan lebih dari 400 jam untuk membuatnya, "sedap bagi mata dan indera lain, maknyus!"

Ajang kostum nasional dari perhelatan Miss Universe dikenal dengan pakaian yang aneh-aneh, namun orang Malaysia yang menonton peluncuran gaun yang disiarkan langsung di Facebook cukup kaget.

Apakah nasi lemak milik Malaysia?

Ini adalah perdebatan seperti di Timur Tengah yang memperebutkan kebab/kabob, nasi lemak dicintai dan diklaim oleh lebih dari satu negara di wilayah Asia Tenggara.

Singapura dan sebagian wilayah Indonesia juga mengklaim nasi lemak, yang dalam beberapa tahun ini mendapatkan kebangkitan yang cukup kreatif.

Sekarang ada pizza nasi lemak...

...es krim nasi lemak...

... dan bahkan burger nasi lemak yang dikeluarkan McDonald's di Singapura awal tahun ini meski banyak yang mempertanyakan mengapa nasi diganti dengan roti bun yang sangat Amerika.

Tahun lalu, warganet dihibur dengan tas dompet dari Hermès yang menyerupai bungkusan nasi lemak.

Namun yang paling menghebohkan mungkin kondom rasa nasi lemak buatan perusahaan kontrasepsi Malaysia Karex.

Kondom yang akan mulai dijual dalam beberapa minggu ke depan ini, bahan profilaksis ini memiliki sedikit bau kelapa dan dilapisi dengan pelumas yang menghangatkan, seperti dilaporkan kantor berita AFP.

Pimpinan Karex Goh Miah Kiat mengatakan ke kantor berita itu bahwa usahanya untuk membumbui kegiatan di kamar tidur itu sebenarnya ditujukan untuk mempromosikan persatuan nasional.

"Saya rasa satu hal yang mempersatukan kita semua (adalah), 'Di mana tempat menjual nasi lemak yang pernah anda coba?'" katanya.

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...