Monday, August 7, 2017

Usai Dulang Emas, Iskandar Temukan Batu Aneh di Sungai Batang Limun

Laporan wartawan Tribun Teguh Suprayitno

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Warga Desa Lubuk Sayak, Kecamatan Pelawan, Iskandar, terkagum-kagum atas benda yang ia temukan saat ia mendulang emas di Sungai Batang Limun, Kecamatan Limun, Sarolangun.

Sebuah batu yang bentuknya mirip dengan sepatu. "Sayo temukan batu ini belum lamo, saat sayo mendulang nyari emas, pas itu sayo tekejut nengok batu agak unik, kemudian sayo cuci sekali di tengok persis mirip sepatu," katanya saat ditemui wartawan Sabtu (58) kemarin.

Batu unik itu kemudia dibawa pulang. Iskandar mencucinya untuk menghilangkan lumpur yang menempel. Saat dicuci bersih, batu sepatu itu punya corak dan warna yang menawan. Dan uniknya lagi, batu yang mirip sepatu itu terlihat lengkap dengan talinya.

"Setelah tibo di rumah sayo bersihkan lagi, anehnyo semakin dicuci semakin cantik dan nampak coraknyo bahkan seperti ada garis mirip dengan tali sepatu" paparnya.

Saat ini, batu yang ditemukan beberapa hari lalu itu masih disimpan di rumah sebagai hiasan. Namun ia belum mengetahui dengan jelas, apakah batu yang ia temukan merupakan benda peninggalan purbakala atau bukan.

Sebab, belum ada seorang arkeolog atau ahli di bidang kepurbakalaan yang mengetahui benda apa yang ditemukan Iskandar. "Apo ini peninggalan orang lamo atau tidak, itu yang sayo dak tau. Yang jelas batu ini sayo simpan baik-baik Insyallah akan tetap sayo jago," pungkasnya.(tsu)

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...