Monday, April 3, 2017

[Video] Perilaku yang Aneh, Seekor Musang Tertangkap Kamera sedang Kubur Sapi

© apextribune.com

SURATKABAR.ID – Baru-baru ini, ada sebuah kejadian yang cukup unik, aneh dan tentu saja mengejutkan, yaitu seekor musang nampak tertangkap kamera sedang mengubur bangkai sapi yang mana memiliki tubuh berlipat-lipat kali lebih besar dari tubuhnya.

Hal tersebut terungkap setelah para peneliti dari University of Utah meletakkan kamera pengintai di Pegunungan Grassy, Great Basin Desert, Utah, Amerika Serikat, pada bulan Januari 2017 lalu untuk mengintai dan mempelajari pola hidup dan cara makan para burung pemakan daging.

Selain meletakkan beberapa kamera di suatu tempat tersembunyi itu, para peneliti juga sengaja meninggalkan 7 bangkai sapi di tempat tersebut. Bahkan jika nantinya bukan burung pemakan daging atau burung nasar yang datang, maka setidaknya ada hewan-hewan buas lain, seperti elang atau anjing hutan yang akan memakan bangkai sapi itu.

"Saya berharap akan mendapatkan banyak burung nasar dan mungkin beberapa elang, anjing hutan dan hal-hal yang berbeda (yang akan menyantap bangkai sapi itu)," kata Evan Buechley, seorang kandidat doktor di University of Utah yang ikut dalam penelitian tersebut, seperti yang dikutip dari TheGuardian.com (31/4/2017).

Sebelum memeriksa video, para peneliti mengira bangkai sapi itu sudah benar-benar hilang dimakan hewan pemakan daging, namun mereka menemukan gundukan tanah bekas timbunan. Tanpa membuka timbunan tanah tersebut terlebih dahulu, para peneliti memeriksa hasil rekaman video. Betapa terkejutnya para peneliti tersebut setelah melihat hasil rekamannya.

Para peneliti terkejut ketika mendapati bukan burung nasar atau hewan-hewan pemakan daging yang mendatangi bangkai sapi tersebut, melainkan seekor musang.

"Tapi kemudian, musang ini mencuri perhatian kami," lanjutnya.

Dalam video rekaman itu terlihat bahwa musang tersebut dengan bersusah payah dalam 5 hari berturut-turut mengubur bangkai sapi yang dipasang oleh para peneliti. Meskipun musang adalah makhluk nokturnal, namun pada video itu terlihat bahwa hewan tersebut menggali lubang untuk mengubur bangkai sapi pada siang dan malam hari.

"Saya benar-benar terkejut dan kagum, dan benar-benar bersemangat," kata Buechley.

Berdasarkan video tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa musang memiliki naluri untuk menyimpan makanan. Hal tersebut terbukti dengan dia sengaja mengubur bangkai sapi itu bukan untuk disemayamkan secara layak, melainkan sebagai persediaan bahan makanan.

"Tanah berfungsi untuk menjaga agar bangkai dingin, sehingga menghambat dekomposisi. Hal itu bisa dijadikan sebagai bahan makanan untuk mereka," ungkapnya.

[embedded content]

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...