Wednesday, December 21, 2016

Aneh, Rem Bus Handoyo yang Terbalik di Pemalang Berfungsi Baik

Liputan6.com, Tegal - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kecelakaan tunggal bus milik PO Handoyo di jalur alternatif Purbalingga - Pemalang, Desa Beluk, Kecamatan Belik, Pemalang Jawa Tengah, Sabtu malam, pekan lalu.

Adapun kecelakaan maut yang terjadi di jalan turunan dan menikung tersebut mengakibatkan delapan penumpang meninggal dan puluhan penumpang lainya mengalami luka-luka.

Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) KNKT Leksmono mengatakan, saat ini pihaknya masih mengumpulkan data-data di lokasi kecelakaan dan data dari tim Traffic Accident Analysis (TAA) Ditlantas Polda Jateng.

"Kami datang ke sini untuk mengambil data yang diperlukan, seperti data kendaraan, data lapangan, wawancara dengan saksi, serta melihat prasarana jalan lokasi kejadian," kata Leksmono di sela pengumpulan data dan investigasi di Warureja, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Selasa, 20 Desember 2016.  

Ia menjelaskan hasil pengumpulan data nantinya akan periksa secara objektif dan diuji di laboratorium di Jakarta. Selanjutnya, kata dia, data itu akan digunakan sebagai rekomendasi ke Dinas Perhubungan, Kepolisian, DPR, dan perusahaan otomotif.

"Nanti hasil pengumpulan data ini  penting, untuk keselamatan dan antisipasi bahaya agar meminimalisir kecelakaan terulang bagi moda transportasi darat terutama bus," dia menambahkan.

Sebelumnya, kecelakaan melibatkan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) PO Handoyo di Jalur alternatif Purbalingga - Pemalang, Desa Beluk, Kecamatan Belik, Pemalang, Sabtu malam, 17 Desember 2016, pukul 23.30 WIB.

Akibat kecelakaan itu, delapan orang tewas yang empat orang tewas di lokasi kejadian dan empat lainnya setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Muhammadiyah Mardhatillah Randudongkal dan RSUD Dr Ashari Pemalang.

Meskipun KNKT telah mengambil data dan investigasi, hasilnya ataupun penyebab kecelakaan bus PO Handoyo masih belum bisa disimpulkan. KNKT menginvestigasi bersama Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) dan Satlantas Polres Pemalang dengan turun langsung ke lokasi kejadian.  

"Sampai saat ini kami belum berani menyimpulkan penyebab kecelakaan bus itu kepada publik. Apakah disebabkan faktor manusia, faktor kendaraan ataupun kesalahan prosedur hingga penyelidikan dan uji laboratorium di Jakarta selesai dilakukan," kata Leksmono.

1 dari 2 halaman


Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...