Friday, November 3, 2017

7 Rahasia di Balik Pertanyaan Aneh HRD Saat Wawancara Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Wawancara kerja merupakan proses penting yang harus dilewati kandidat yang melamar ke sebuah perusahaan. Saat melewati proses ini, Anda akan bertemu calon atasan hingga berbicara dengan pihak personalia atau HRD.

Berbagai pertanyaan pun diajukan pada Anda. Mulai dari identitas diri, pengalaman kerja hingga pertanyaan yang menyangkut karakter dan kepribadian.

Tak jarang, ada kalanya Anda dihadapkan pada pertanyaan aneh dan tak biasa. Jika Anda bingung dengan maksud pertanyaan tersebut, berikut beberapa rahasia yang perlu diketahui dibalik pertanyaan pihak HRD seperti dilansir dari Inc.com, Jumat (3/11/2017):

1. "Jika Anda bisa memulai sebuah bisnis saat ini juga, bisnis seperti apa yang Anda jalankan?"

Maksud dari pertanyaan ini adalah untuk mengetahui apa yang menjadi passion terbesar kandidat tersebut. Pertanyaan ini juga sering digunakan HRD untuk melihat tingkat kreativitas kandidat dan mengerti akan hal yang ingin mereka capai dalam hidup.

2. "Apa buku terakhir yang Anda baca?"

Pertanyaan ini memang terdengar tidak terlalu penting bagi kandidat pelamar. Namun bagi pihak HRD, pertanyaan ini bisa menjadi gambaran apakah kandidat yang sedang di wawancara memiliki kemampuan baca yang baik.

Lebih lanjut, sebuah studi juga mengungkap bahwa orang yang senang membaca memiliki tingkat empati lebih tinggi. Tipe orang ini cocok untuk mengisi posisi costumer service di sebuah perusahaan.

3. "Bagaimana cara Anda untuk mengetahui kabar atau tren yang sedang naik saat ini?"

Pertanyaan ini juga terdengar sederhana. Tapi tak banyak kandidat yang tahu bahwa jawaban mereka sangatlah penting.

Pertanyaan ini bisa memberi gambaran pihak pewawancara apakah kandidat yang sedang berbicara dengannya memiliki keinginan yang besar untuk memperbaiki diri serta meningkatkan kemampuan yang dipunya. Sebagian besar perusahaan hanya ingin menerima kandidat yang punya hasrat besar untuk terus belajar.

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...