Tuesday, August 1, 2017

Aneh Belum Setahun Dam Hancur

RUSAK PARAH : Warga melihat sisa retakan Dam Dukuh di Desa Dukuh, Kecamatan Gondang (Meidian Dona Doni/RATU)

TULUNGAGUNG - Aneh, Dam Dukuh di Desa Dukuh, Kecamatan Gondang, belum genap setahun sudah hancur. Namun belum diketahui secara persis penyebab dam yang menghabiskan dana Rp 1,1 miliar tersebut kini bisa difungsikan untuk mengaliri persawahan di sekitar desa setempat.

Pihak Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Sumber Daya Air (Disperum KPSDA) Tulungagung, jika dam jebol  akibat tekanan arus air dari Dam Sumbergayam di Desa Sumbergayam, Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek.

 " Ini sebuah musibah, dam  jebol pada Sabtu lalu, akibat hujan di Trenggalek yang deras sehingga Dam Sumbergayam dibuka, tanpa memberitahukan petugas di Dam Dukuh. Dam ini selesai dikerjakan pada akhir tahun lalu,"ungkap Kepala Disperum KPSDA Tulungagung  Sudarto  kemarin (31/7).

Dia menepis jika kondisi tersebut akibat konstruksi buruk dari rekanan. Namun murni merupakan bencana alam, sebagai biang keladi dam hancur.

Meski begitu, dam yang rusak akan diperbaiki rekanan hingga berdiri kokoh kembali. Sebab masih merupakan kewajiban rekanan sesuai dengan kontrak kerja.

Sementara itu, warga menduga jika dam tersebut dikerjakan asal-asalan. Ingin bukti bisa dilihat dari sisa meterial yang berserakan sekitar lokasi. " Tempelan antarbatu  begitu rapuh jika disentuh, mungkin kurang bagus pekerjaannya," jelas warga sekitar lokasi  Herianto.

Tak menutup kemungkinan jika air hujan dari Trenggalek yang dikirim ke Tulungagung jadi sebagai pemicu dam hancur. "Di sini waktu dam jebol tidak hujan, namun ada air dengan jumlah debit besar yang datang, mungkin bisa menyebabkan dam jebol. Tapi bangunannya masih baru, kok mudah rusak," terang pria berbadan tegap ini.

(rt/ona/ang/JPR)

Alur Cerita Berita

Rekomendasi Untuk Anda

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...