Tuesday, March 14, 2017

Gunakan Cara Aneh Ini untuk Membaca Pikiran Karyawan Anda

Seorang atasan harus tahu persis apa yang dipikirkan bawahannya (Depositphotos)

Manajer yang hebat kadang kehilangan karyawan terbaik mereka. Alasan mereka pergi tidak selalu hitam dan putih. Kemungkinan paling besar memang karyawan pergi karena ingin gaji yang lebih baik atau karena ingin mencoba sesuatu yang baru.

Tapi ternyata ada banyak lagi alasan lain.

Dilansir Inc, beberapa dari mereka sebenarnya frustasi dengan bisnis, produk atau tim Anda. Dan manajemen tidak memperhatikan ini dengan baik.

Bagaimana cara memperbaikinya?

Mungkin Anda butuh orange box.

Apa itu orange box? Ini bisa jadi kotak berwarna orange yang dilubangi di atasnya.

Michael Dearing, pendiri Harrison Metal mengatakan waktu ia masih berada di eBay, ia menemukan cara tercepat untuk tahu apa yang dipikirkan rekan dan karyawan dalam timnya. Meskipun demikian, Dearing bukanlah penemu tanya-jawab anonimus ini. Beberapa perusahaan sudah melakukannya dan ini berhasil. Pertanyaan-pertanyaan itu membuat manajemen lebih jujur. Dan kejujuran itu membuat karyawan lebih betah di perusahaan tempat mereka bekerja.

Setiap minggu, karyawan memasukan tulisan tentang pertanyaan, perhatian atau uneg-uneg mereka mengenai kepemimpinan dan manajemen secara anonim. Semua orang bisa memasukkan pertanyaan ke orange box.

Dearing akan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dalam rapat mingguan di depan orang-orang. Kadang ia menjawabnya via surel.

"Dibanding mekanisme lain, orange box dengan cepat membantuku mengetahui pikiran dan keinginan mereka," dalam video, Questions from the Orange Box, yang di-posting Harrison Metal.

Karena meskipun semua orang bisa bertanya pada saat rapat, kebanyakan dari mereka ternyata memilih diam. Mungkin karena pertanyaan "berat" tersebut bisa mengintimidasi kepemimpinan atau manajemen mereka. Bahkan, beberapa orang yang berani bertanya kadang malah memberi pertanyaan "aman".

Orange box bisa memperbaiki itu.

"Proses orange box lebih jujur," cerita Dearing. "Mengatakan hal yang sebenarnya berarti membuka berbagai fakta yang membuat Anda tidak nyaman. Tapi kolega ada berhak untuk memberi Anda informasi dibanding kompetitor Anda di mata publik."

(dea/wida)

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...