Saturday, September 23, 2017

Wah! Ada Penampakan Tokoh Star Wars Bersama Raja Faisal di Buku Pelajaran

RIYADH – Sebuah buku pelajaran di Arab Saudi mendadak menjadi viral setelah memperlihatkan tokoh karakter di Star Wars duduk bersama Raja Faisal. Insiden ini membuat otoritas Arab Saudi menarik buku pelajaran tersebut.

Pada foto itu sekilas tidak ada yang aneh sama sekali. Foto hitam putih itu memperlihatkan Raja Faisal bin Abdulaiz Al Saud, saat itu masih berstatus sebagai pangeran, menandatangani Piagam PBB di San Fransisco, Amerika Serikat, pada 1945.

BERITA REKOMENDASI

Namun setelah foto itu diperhatikan kembali terdapat penampakan yang aneh di samping Raja Faisal. Pasalnya, terdapat sosok master Jedi di Star Wars bernama Yoda.

Sekadar informasi, Yoda merupakan sosok mentor dari Luke Skywalker ketika ia ingin memperdalam "seni" sebagai Jedi dan untuk melawan pasukan Galactic Empire. Tokoh ini merupakan salah karakter ikonik di Star Wars karena cara tutur katanya yang unik serta sifatnya yang bijak.

Sebagaimana dikutip dari Euro News, Sabtu (23/9/2017) gambar itu sebenarnya hasil karya seniman Arab Saudi bernama Abdullah Al Shehri. Keahlian seniman itu adalah memasukkan foto ikon budaya populer di foto bersejarah. Ia mengklaim, tidak tahu bagaimana foto tersebut bisa digunakan dalam buku pelajaran.

Shehri mengklaim bahwa inspirasinya dalam membuat foto itu adalah usai ia melihat foto mendiang mantan Presiden Mesir Anwar Sadat. Pada foto itu, Sadat terlihat berdampingan dengan Mickey Mouse dan mantan Presiden Mesir itu pun bersalaman dengan badut yang menggunakan kostum Pluto.

Sebuah komite pun akhirnya dibentuk untuk menarik dan menyelidiki bagaimana foto tersebut bisa masuk ke dalam buku pelajaran. Menteri Pendidikan Arab Saudi, Ahmed al-Issa, menyebut insiden ini merupakan 'kesalahan yang tak disengaja'.

BBC Mewartakan, Al-Issa menegaskan bahwa ia tidak bermaksud untuk menyinggung Raja Faisal yang membantu mengubah Arab Saudi menjadi negara modern serta aktor penting di panggung dunia. "Semua mencintai Raja Faisal di sini, termasuk generasi muda," ujarnya.

(emj)

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...