Apakah ada aturan ini di tempat Anda bekerja?
Dream – Percaya atau tidak, ada hal-hal di perusahaan yang bisa membuat produktivitas turun. Sebut saja bos yang mengerikan dan killer.
Ada juga peraturan-peraturan yang kalau-dipikir-pikir-ulang tidak membantu produktivitas karyawan. Bahkan, peraturan ini tidak mencerminkan profesionalisme di dunia kerja.
Dilansir dari CheatSheet, Minggu 21 Mei 2017, contohnya adalah jadwal yang tidak fleksibel. Ada kantor yang menerapkan jam kerja kantor dari pukul 09.00-17.00 dan karyawan tidak boleh terlambat sama sekali.
It's OK jika diterapkan di daerah yang tidak macet. Bagaimana jika diterapkan di daerah urban yang tingkat kemacetannya tinggi? Tentu saja itu akan menaikkan tingkat stres karyawan.
Selain itu, ada juga yang menerapkan aturan tidak boleh berkomunikasi. Ada banyak pekerjaan yang meminta karyawan untuk senantiasa duduk di tempat. Lalu, ada perusahaan yang melarang karyawannya untuk berkomunikasi. Alasannya, komunikasi akan menurunkan produktivitas kerja.
Aturan yang lainnya adalah tidak boleh makan dan minum di meja kerja. Ada pekerjaan yang melarang karyawan tidak memiliki makanan dan minuman di sekitar meja kerja.
Contohnya, perusahaan tidak akan mengizinkan karyawan yang berada di posisicustomer service unuk menaruh kopi di sekitar meja kerja. Khawatirnya, kopi bisa tumpah dan mengotori keyboard komputer.
Alasan ini memang masuk akal, tetapi melarang karyawan memiliki makanan dan minuman yang berada dalam jangkauannya, akan membuat hari-hari kerja terasa lebih berat.
Ada juga perusahaan yang menetapkan waktu istirahat di jam-jam tertentu. Hm, kalau ada perusahaan yang menerapkan aturan seperti ini, sebaiknya perusahaan ini mengkaji kembali aturan tersebut.
Ingat, sebenarnya karyawan akan lebih produktif jika mereka mengambil waktu istirahat seperlunya, bukan sesuai aturan manajemen karena karyawan perlu istirahat untuk ke toilet dan meregangkan otot-otot. (Ism)
Berikan Reaksimu Tentang Artikel di Atas
No comments:
Post a Comment