Saturday, March 25, 2017

Tak Cuma Tragis, Kematian 5 Raja dan Ratu Ini Juga Aneh

BANYAK orang bermimpi menjadi raja dan atau ratu, berkuasa atas tanah yang luas, harta melimpah dan disegani rakyatnya. Namun sejarah mencatat, kehidupan keluarga kerajaan tak selamanya berkilau. Rentetan tragedi turut mewarnai lembaran buku kehidupan mereka.

Buktinya, sejumlah raja dan ratu berikut ini meregang nyawa dengan tragis. Bahkan, kematian mereka juga cenderung aneh.

BERITA REKOMENDASI


Tewas Terhantam Meriam

Raja James II memimpin Skotlandia selama 23 tahun antara 1437 hingga 1460. Masa pemerintahannya secara umum dianggap baik. Salah satu tindakan James II yang membuatnya menjadi raja yang populer adalah mendirikan University of Glasgow. Tetapi, di sisi lain, ia juga bertanggung jawab atas berbagai aksi tidak terpuji seperti pembunuhan terhadap siapa pun yang mengancam kekuasaannya.

Meski Perang Kemerdekaan Skotlandia telah usai pada abad ke-15, beberapa wilayah masih dikuasai Inggris. Salah satunya adalah, Roxburgh Castle.

Raja James II dari Skotlandia. (Foto: List Verse)

Raja James berpikir, ia dapat mengambil kembali kastil tersebut untuk Skotlandia saat pasukan Inggris dilemahkan akibat Perang Mawar. Nyatanya, keputusan ini menjadi blunder bagi James. Ia terbunuh oleh hantaman meriam selama masa pengepungan. Anehnya, meriam tersebut adalah milik James sendiri.

Dikenal amat menggemari artileri, James mengimpor meriam dari Flanders dan bersemangat melihat aksinya. Ia berdiri di samping salah satu meriamnya ketika alih-alih menambak, meriam tersebut meledak dan menewaskannya detik itu juga.

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...