Monday, March 27, 2017

7 Fakta Unik dan Aneh NASA yang Jarang Diketahui Orang

1. NASA Merekam Lagu yang "Dinyanyikan" Bumi

Sebuah rekaman audio bernama Earthsong yang "dinyanyikan" oleh Bumi dirilis NASA pada 2012.

Lagu tersebut direkam oleh Radiation Belt Storm Probes dan berisi fenomena bernama chorus--emisi radio yang disebabkan gelombang plasma di sabuk radiasi Bumi, Van Allen.

Menurut Craig Kletzing yang membantu membangun instrumen penangkap sinyal, suara tersebut merepresentasikan suara yang kita dengar di sabuk radiasi jika manusia memiliki antena radio, bukan telinga.

Ilmuwan tertarik dengan fenomena yang diduga disebabkan emisi radio dengan julukan "killer electrons".

Partikel ultra-relativistik itu memiliki energi untuk menimbulkan ancaman bagi siapa pun yang berada di jalur mereka, termasuk pesawat antariksa dan astronot.

2. NASA Meracang Pakaian Renang Sempurna

NASA bekerja sama dengan pembuat pakaian renang asal Amerika Serikat, Speedo, untuk mendesain baju baru yang dapat mengurangi drag atau seretan air.

Setelah menguji lebih dari 60 bahan, NASA menghasilkan LZR Racer, yakni pakaian renang yang sangat rapat, dilas secara ultrasonik, dan terbuat dari anyaman elastan-nilon dan polyurethane.

Pada Olimpiade Beijing 2008, para atlet yang menggunakan LZR Racer memecahkan 23 rekor dunia. Beberapa bulan kemudian dalam European Short Course Championships, 17 rekor dunia lainnya kembali dipecahkan.

Atashal tersebut Federation Internationale de Natation menggugat pakaian renang itu karena terlalu banyak memberi keuntungan pada atlet.

3. Astronot NASA Menjalani Latihan di Alam Liar

Mungkin sebagian besar orang belum mengetahui bahwa menjadi astronot harus menjalani serangkaian latihan fisik berat, termasuk bertahan hidup di alam liar.

Salah satunya adalah latihan di dalam air. Hal tersebut masuk akal karena ketika astronot kembali ke Bumi, mereka akan menempati sebuah kapsul dan biasanya mendarat di lautan.

Namun, kapsul itu tak selamanya mendarat d tempat yang seharusnya. Oleh karena itu NASA berjaga-jaga untuk menyiapkan semua kemungkinan, yakni dengan menyiapkan astronot untuk dapat hidup di alam liar.

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...