Friday, December 23, 2016

KALEIDOSKOP: 9 Penyakit Aneh yang Muncul di Sepanjang 2016

DI era yang modern ini, ada-ada saja penyakit aneh dan langka yang mulai menerjang kemaslahatan kesehatan masyarakat. Misalnya saja, kisah seorang wanita yang tidak memiliki vagina, akhirnya jalani operasi pembuatan saluran vagina. Setelahnya, ia bersama sang suami berharap memiliki anak.

Berikut rangkuman Okezone beberapa penyakit aneh dan langka lainnya yang terjadi di sepanjang 2016, Jumat (23/12/2016).

Sindrom Beckwith Wiedemann

Beberapa waktu silam, seorang bayi lahir dengan ukuran lidah dua kali dari ukuran lidah bayi pada normalnya. Paisley, bayi ini didiagnosis mengidap sindrom Beckwith Wiedemann.

(Foto: Cosmopolitan)

Bila tidak segera ditangani, bayi asal Aberdeen, Dakota Selatan itu bisa mengalami sesak napas dan membuatnya tersedak. Risiko fatal, bisa berdampak pada kanker dan tumor hati, serta ginjal. Ia menjalani dua kali operasi dan tim medis berhasil memotong lidah Paisley pada ukuran normal, sekira 15 cm.

Manusia dengan ekor

Seorang pria asal India menjalani operasi pemotongan ekor di Super Specialty Hospital (SSH). Betul, pria berusia 18 tahun itu memiliki ekor sepanjang 18 cm. Karena stigma sosial, pria ini kondisi abnormal.

(Foto: Indialivetoday)

Sayangnya, pria dan keluarganya menyembunyikan soal kondisi ini. Menurut para ahli medis, kondisi ini bisa diperbaiki saat beberapa bulan setelah kelahiran.

Sang anak mulai mengeluhkan rasa sakit pada bagian ekornya karena semakin panjang, karena menekan punggung pria itu. Pertumbuhan ekor manusia, umumnya terkait masalah fungsi kandung kemih. Bila dibiarkan, pertumbuhan ekor ini bisa menyebabkan sakit pada hilangnya fungsi pada paha dan tungkai bawah.

Progeria

Anak yang terlahir dengan sindrom progeria memiliki tampilan kulit seperti orangtua. Biasanya gejala sindrom progreria akan muncul pada usia 18 - 24 bulan. Orang yang hidup dengan sindrom progeria ini memiliki rentang hidup 40 - 50 tahun.

(Foto: Dailymail)

Sayangnya, para penderita progeria memiliki masalah seperti pertumbuhan, penuaan dini, hilangnya lemak tubuh, rambut rontok, dislokasi panggung, hingga masalah kardiovaskular.

Magali Fernandez, seorang anak perempuan asal Kolombia, mengidap sindrom progeria ini. Keluarga dan orang terdekat tetap memberinya dukungan positif, sehingga Magali tetap bahagia selama ia bisa bertahan hidup.

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...