Tuesday, April 10, 2018

Misterius! Kemunculan Lubang Aneh di Probolinggo Gegerkan Warga

Foto: Detik

SURATKABAR.ID – Kemunculan lubang sumur yang berada di tengah aliran sungai di Desa Sumberbulu, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo sempat gegerkan masyarakat.

Dinas Pekerjaan Umum Pemkab setempat pun angkat bicara. Dipastikan lubang yang mirip dengan sumur di tengah sungai itu adalah spillway.

Menurut Kepala Bidang Sumber Daya Alam (SDA) Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Probolinggo, R Oemar Sjarif, lubang yang ada di tengah sungai Desa Sumbersuko, Kecamatan Tegalsiwalan itu adalah alat pembuangan yang berfungsi mengantisipasi banjir, khususnya ketika turun hujan.

"Itu spillway. Selain antisipasi banjir, fungsinya juga sebagai lubang pembuangan air untuk irigasi sawah," kata Oemar ketika dihubungi, Rabu (4/4/2018), seperti dilansir dari Detik.com.

Seperti yang disampaikan Oemar, dalam pengaturan air sistem siphon atau spillway sangatleh efektif. Dengan menggunakan sistem gravitasi, sistem ini membuat air tertekan dengan sendirinya apabila volumenya naik.

Baca juga: Aksi Nekat Sertu Waki Selamatkan Nyawa Sugeng di Sungai Deras, Pahlawan!

Oemar mengatakan bahwa spillway di sungai itu adalah bangunan dari peninggalan Belanda. Bisa ditemukan banyak di waduk maupun bendungan. Dengan fungsi yang lebih untuk irigasi.

"Air di bendungan atau waduk bisa dialirkan ke beberapa titik dan sejumlah wilayah," terang Oemar.

Banyak yang menfatangi lubang menganga di sungai tersebut usai warga memposting foto serta video di media sosial. Karena dikatakan ada 'sumur' misterius di tengah sungai, membuat penasaran banyak orang.

Sebenarnya, sumur itu pun bukanlah satu-satunya di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Karena di daerah lain juga ada sumur serupa.

Oemar menyampaikan sumur itu juga terdapat di Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan, dan Desa Sumber Katimoho, Kecamatan Krejengan, Probolinggo.

"Ada yang berpintu ada juga yang tidak. Tapi fungsinya sama saja," ujarnya pada Rabu (4/4/2018), seperti dikutip dari Liputan6.com.

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...