Wednesday, April 4, 2018

5 Kasus Transfer Paling Aneh dan Unik dari Dunia Sepak Bola

Di dalam dunia sepak bola, tentu kita mengenal istilah transfer. Istilah ini merujuk kepada proses perpindahan pemain dari satu klub ke klub lainnya. Pemain sepak bola yang ingin ditransfer tidak hanya bisa dibeli, namun juga bisa dipinjam dalam jangka waktu yang sudah ditentukan (umumnya, setengah musim dan satu musim penuh).

Sejauh ini, kegiatan 'wajib' yang biasanya dilakukan di tengah musim dan awal musim ini telah mencatatkan banyak rekor transfer dengan mahar yang sangat besar. Yang terakhir sekaligus yang paling besar adalah proses transfer Neymar dari Barcelona ke PSG yang mencapai £200 juta lebih. 

Akan tetapi tak selamanya proses transfer pemain semacam ini dibayarkan menggunakan uang. Berikut beberapa kasus transfer paling aneh dan unik dari jagat sepak bola.

1. Gary Pallister - Billingham Town ke Middlesbrough

5 Kasus Transfer Paling Aneh dan Unik dari Dunia Sepak Bolamirror.co.uk

Bagi penggemar berat Manchester United pasti tidak asing lagi dengan nama Gary Pallister. Pemain yang berposisi sebagai bek ini telah membela setan merah dari tahun 1989 sampai tahun 1998. Dalam kurun waktu tersebut, ia telah bermain sebanyak 371 kali dan mencatatkan 12 gol.

Bisa dibilang, pemain yang lahir di Inggris merupakan legenda hidup MU. Sebelum bermain untuk MU, Gary sempat bermain untuk tim asal Inggris lainnya yaitu, Middlesbrough.

Uniknya, ketika melakukan proses perpindahan ke Middlesbrough dari Billingham Town, Gary tidak ditransfer menggunakan uang. Melainkan dengan satu tas bola, satu set baju olahraga dan juga jaring gawang.

2. Ian Wright - Greenwich Borough ke Crystal Palace

5 Kasus Transfer Paling Aneh dan Unik dari Dunia Sepak Bolagoal.com

Masih dari rana liga paling populer di dunia yaitu liga Inggris. Ian Wright dikenal sebagai salah satu legenda Arsenal yang paling tajam pada masanya. Selama di tim meriam London, Ian sudah bertanding sebanyak 221 kali dengan catatan gol mencapai 128 gol.

Beberapa tahun sebelumnya, pemain yang pernah melatih MK Dons ini bermain untuk Crystal Palace setelah manajer Crystal Palace kala itu, Steve Copell melihat potensi pada dirinya. Dan benar saja, Ian langsung bersinar di Crystal Palace dengan mencatat 90 gol dari 225 laga.

Akan tetapi, proses perpindahan Ian ke Crystal Palace rupanya dibumbui sedikit kejadian unik, sebab ia ditebus menggunakan satu set timbangan.

3. John Barnes - Sudbury Court ke Watford

5 Kasus Transfer Paling Aneh dan Unik dari Dunia Sepak Bolathesefootballtimes.co

Salah satu legenda Liverpool yaitu John Barnes ternyata juga pernah terlibat dalam kasus transfer pemain yang unik dan aneh. 7 tahun sebelum berseragam Liverpool, John sempat bermain untuk Sudbury Court selama satu musim.

Setelah itu, John langsung pindah ke Watford setelah pelatih Watford kala itu menilai jika John memiliki kemampuan diatas rata-rata. Setelah menyelesaikan trial-nya selama beberapa hari di Watford, John langsung menandatangi kontrak profesional pertamanya pada 14 Juli 1981.

Namun uniknya, pemain yang berposisi sebagai winger ini pindah dengan mahar berupa satu set baju sepak bola. 

4. Marius Cioara - UT Arad ke Regal Hernia

5 Kasus Transfer Paling Aneh dan Unik dari Dunia Sepak Bolafilgoal.com

Marius Cioara bukanlah pemain yang terkenal atau banyak dibicarakan banyak orang. Akan tetapi pemain yang berposisi sebagai bek ini menjadi bahan perbincangan pasca proses perpindahannya dari UT Arad ke Regal Hornia.

Bagaimana tidak? Ketika pindah ke tim barunya, Marius hanya dihargai dengan 15 kilogram sosis daging babi. Setelah proses perpindahan itu selesai, keesokan harinya Marius langsung memutuskan untuk pensiun dari dunia sepakbola.

Ketika ditanyai alasannya, ia mengaku jika proses transfer dengan sosis daging babi tersebut merupakan penghinaan yang cukup besar bagi dirinya.

5. Ion Radu - Jiul Petrosani ke Valcea

5 Kasus Transfer Paling Aneh dan Unik dari Dunia Sepak Bolahunedoaraplus.ro

Nama Ion Radu mungkin asing bagi kebanyakan penggemar sepak bola. Akan tetapi, pemain yang satu ini sempat menjadi buah bibir banyak orang ketika proses perpindahannya dari Jiul Petrosani ke Valcea pada tahun 1998, terjadi.

Diketahui jika presiden Jiul Petrosani kala itu menjual Radu ke klub asal Rumania lainnya yaitu Valcea dengan mahar berupa daging seberat 2 ton. Aneh? tentu saja, dan tak heran jika berita perpindahan ini langsung menjadi pusat perhatian kala itu terutama di media-media Rumania. Usut punya usut, uang hasil penjualan daging seberat 2 ton itu digunakan sebagai gaji untuk pemain Jiul Petrosani lainnya. 

Demikian tadi sedikit ulasan menarik mengenai kasus transfer paling unik dan aneh dari dunia sepak bola. Dengan kekuatan ekonomi tim saat ini yang bisa dibilang cukup kuat, rasanya sangat tidak mungkin untuk bisa melihat kasus transfer unik seperti di atas kembali. 

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...