Thursday, August 3, 2017

Aneh, Negara Ini Tak Punya Pantai Tapi Kok Bisa Mengekspor Garam

BANGKAPOS.COM - Belakangan warganet disibukkan oleh persoalan garam. Di beberapa tempat, garam menjadi langka.

Orang pun bertanya-tanya, mengapa Indonesia bisa mengalami kelangkaan garam padahal memiliki panjang garis pantai hampir 99 ribu km. Bahkan seorang politisi yang bergelar Doktor pun menyatakan keheranannya.

Namun, tahukah Anda bahwa Kanada yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia (lebih dari 200.000 km) pun bukan negara pengekspor garam terbesar di dunia?

Kanada berada di peringkat ke-5 dalam daftar negara-negara pengekspor garam dengan pangsa pasar 3,92 persen berdasarkan data British Geological Survey tahun 2012.

Baca: Bawa Uang Rp 6 Triliun, Donald Trump Ambil Alih Hotel dan Resort Hary Tanoe di Bali

Posisi teratas ditempati China yang menguasai 22,48 persen, AS (14,54 persen), India (8,86 persen), dan Jerman (6,88 persen).

Sementara negara Austria dan Belarus yang tak memiliki garis pantai satu sentimeter pun malah masuk dalam 50 negara pengekspor garam dunia.

Austria di peringkat 16 dengan pangsa pasar 1,15 persen, sedangkan Belarus di peringkat 21 dengan pangsa pasar 0,79 persen.

Dari situ terlihat bahwa garam dunia tidak melulu berasal dari pengeringan air laut. Ada sumber garam lain yang dikenal dengan garam tambang.

Austria memiliki Salzburg, yang berarti benteng garam.

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...