Friday, July 28, 2017

Mobil Spaghetti Yang 'Aneh' Ini Laku Rp 1,55 miliar

Terkadang sulit menebak jalan pikiran orang 'berduit'. Kemarin (27/8), misalnya, seseorang membeli satu unit BMW i3 yang bodinya dilapisi stiker bergambar spaghetti. Harganya Rp 1,55 miliar. Padahal, mobil ini, harganya di Eropa cuma sekitar Rp 600 jutaan saja. Masalahnya, selain stiker bergambar spaghetti itu tadi, tak ada yang spesial dari mobil ini.

BMW i3 dengan stiker spaghetti, dilelang untuk amal pada gala dinner yang diadakan oleh Leonardo DiCaprio Foundation (LDF). Ya, mungkin pembelinya punya niat yang mulia, karena hasil penjualan diberikan untuk amal kepada yayasan milik Leonardo DiCaprio itu. Tapi, kalau niatnya mulia, sebetulnya kan bisa saja ia menyumbangkan seluruh Rp 1,55 miliar ke LDF tanpa iming-iming mendapatkan BMW i3 spaghetti. Toh sangat kecil kemungkinannya orang kaya asal Swiss yang membeli mobil ini mau bepergian di dalamnya. Dipajang sebagai koleksi pun rasanya kurang 'wah'.

Lebih anehnya lagi, gambar spaghetti yang menyelimuti mobil, didesain Maurizio Cattelan. Ia mantan seniman. Ya, sekarang ia pensiun. Lucunya, Cattelan sendiri yang bilang kalau mobil ini bukanlah karya seni. Karena katanya, seniman yang sudah pensiun dari dunia seni tak lagi bisa disebut seniman. Dan karyanya pun tak bisa lagi disebut sebagai karya seni. BMW pun mengamini pernyataan ini. Makanya, BMW menyebut mobil ini, dengan sebutan Spaghetti Car by Toiletpaper. Dan tak masuk dalam jajaran BMW Art Cars. Dalam keterangan resmi BMW, mereka menyebut mobil listrik ini sepenuhnya berfungsi dan dilengkapi sertifikat yang ditandatangani Toiletpaper (Maurizio Cattelan dan Pierpaolo Ferrari) sebagai co-creator mobil ini.

Tapi yang paling aneh lagi, si mobil bukan kali pertama tampil ke publik. Mobil dengan mesin elektrik termurah BMW, pertama kali ditampilkan pada Juli 2016 sebagai objek foto dalam acara Recontres d'Arles photography exhibition di Arles, Prancis. Ketika itu, Catellan berharap, stiker spaghetti yang membalut i3 bakal dicopot seusai acara. Faktanya, hingga kini, stiker itu tetap membungkus ujud asli BMW i3 yang sebetulnya lebih indah. Dan mobil ini sekarang menjadi koleksi seseorang di Swiss.

Lenny Kravitz dan Madonna menghibur acara amal Leonardo DiCaprio

Setidaknya, acara amal gala dinner, yang diselenggarakan penerima penghargaan aktor terbaik Academy Award 2016 dalam film The Revenant itu berlangsung sukses. Dipandu langsung DiCaprio, acara dihadiri orang-orang terhormat seperti Walikota Paris, Anne Hidalgo, Prince Albert II of Monaco dan sejumlah artis seperti Cate Blanchett, Marion Cotillard, Tom Hanks, Kate Hudson, Tobey Maguire, Emma Stone, Umma Thurman, Kate Winslet, Adrian Brody, Sean Penn, Gerard Butler dan masih banyak lainnya. Bahkan artis kawakan Lenny Kravitz dan Madonna tampil sebagai penghibur pada acara tersebut.

Katanya, donasi yang terkumpul sudah menyentuh angka US$ 30 juta atau sekitar Rp 400 miliar.

Baca juga: BMW Turun Di Balap Jet Darat Bermesin Listrik

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...