Sunday, July 30, 2017

Jilat Alis dan Cicip Urine, 10 Cara Aneh Deteksi Penyakit Manusia

Joy Milne (kiri) di Univesity of Manchester. (Sumber Univesity of Manchester.)

Kita sudah mengetahui bahwa anjing mampu mengendus adanya penyakit. Ternyata, hidung manusia juga bisa melakukan hal sama untuk sejumlah masalah medis.

Kasus itu diketahui pada suami Joy Milne, yang adalah seorang penderita penyakit Parkinson --  penyakit degeneratif pada sistem syaraf sehingga orang tidak bisa lagi mengendalikan gerakannya.

Enam tahun sebelum si suami didiagnosa parkinson, Joy mengetahui ada sesuatu yang salah dari aroma tubuh pasangannya itu. Kadang-kadang tercium seperti apek, namun kala itu ia tidak terlalu peduli.

Baru setelah ia menjadi sukarelawan amal untuk penyakit Parkinson, diketahui bahwa banyak sukarelawan lain yang juga mencium aroma yang sama. Joy pun menjelaskannya kepada para ilmuwan.

Merasa penasaran, mereka menguji wanita itu. Mereka memberikan 12 kemeja, 6 di antaranya bekas dipakai penderita Parkinson.

Hasil awalnya, ia benar untuk analisa 11 di antara 12 kemeja itu. Joy benar untuk semua pasien Parkinson, hanya salah 1 kali.

Tapi beberapa bulan kemudian, satu orang itu juga diagnosa Parkinson.

Sekarang para ilmuwan mencoba mencirikan zat yang bisa dicium oleh Joy Milne, dengan harapan agar bisa membuat uji klinis untuk deteksi dini penyakit tersebut.

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...