Monday, April 3, 2017

Ini Dia Sisi Lain yang Tidak Kamu Ketahui Dari Seorang Cosplayer

Ini Dia Sisi Lain yang Tidak Kamu Ketahui Dari Seorang Cosplayer 1Kupastuntas.co – Cosplay sudah bagaikan bumbu penyedap yang tak dapat terpisahkan dalam sebuah acara bertemakan pop culture saat ini. Mulai dari festival bernuansa budaya Jepang hingga konvensi komik lokal yang dibanjiri dengan para cosplayer di sana sini. Tak jarang kehadiran berbagai cosplayer ini mengundang decak kagum dari para pengunjung dengan detail kostum yang mengagumkan hingga kerumitan property yang ditampilkan.

Dibalik gaya dan tingkah yang banyak menyita perhatian, ini dia beberapa sisi lain yang patut diketahui dari seorang cosplayer.

  • Cosplay lebih dari hanya sekedar berpesta kostum, cosplay adalah hobi yang bisa menyalurkan seni, bakat, dan ekspresimu

Ber-cosplay tidak semudah yang orang-orang kira: bukan cuma pakai kostum, wig, dandan sesuai karakter anime saja, tetapi seni akting mereka juga diasah untuk memainkan peran karakter yang mereka kenakan. Selain itu cosplayer juga berbakat jadi model.

  • Cosplayer bukan hanya peraga atau model dari kostum-kostum anime, mereka juga merangkap sebagai desainer baju mereka sendiri

Sesungguhnya seni dari cosplay itu terletak pada proses pembuatan kostumnya. Dibutuhkan kesabaran, ketelitian, dan ketelatenan, dan akan ada kepuasan ketika menyelesaikannya dengan jerih payah sendiri.

"Kami para cosplayer juga belajar gimana caranya membuat replika senjata dan kostum tokoh di film anime," ujar Febby Andreawan, selaku founder Kojpu (Komunitas Jepang Lampung)

  • Ini Dia Sisi Lain yang Tidak Kamu Ketahui Dari Seorang Cosplayer 1Para cosplayer sangat menjiwai karakter tokoh yang diperankannya

Pernah liat cosplayer yang bertingkah aneh atau tidak sepantasnya? Jangan kaget, itu bukan karena mereka gila dan tidak waras. Mereka bertingkah seperti itu karena mereka sedang menjiwai peran mereka. Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, cosplay itu bukan sekadar memakai berdandan dan berkostum, tapi juga bermain karakter.

  • Para cosplayer adalah titisan dari tokoh animasi yang mereka perankan. Mereka akan sangat ramah kepada setiap orang yang ingin berinteraksi dengannya

Saat cosplayer sedang bermain peran, jangan pernah sungkan untuk menyapa mereka jika bertemu dalam suatu event. Para cosplayer justru akan sangat senang jika bisa berinteraksi dengan orang-orang lain yang senang dengan keberadaan mereka. Ajakin aja mereka foto, mereka pasti mau dan siap beraksi dengan gaya yang aneh-aneh dan lucu.

  • Cosplayer adalah orang yang kreatif, mereka pandai memanfaatkan akar saat rotan tak lagi ada

Tahu sendiri 'kan ribetnya buat kostum? Apalagi kalau ada aksesoris yang aneh-aneh. Senapan, pedang, dan berbagai macam asesoris lain. Tapi para cosplayer yang memang niat akan membuatnya dengan tangan mereka sendiri. Bukan karena nggak ada kerjaan, tapi karena itu adalah bagian dari renjananya. Meskipun pada akhirnya tidak bisa sesempurna aslinya, setidaknya para cosplayer selalu berusaha untuk menghasilkan yang terbaik dari hasil usaha mereka sendiri.

  • Jangan salah, cosplayer adalah orang-orang yang mudah bergaul. Pergaulan mereka pun sangat luas

Karena memiliki hobi yang sama, para cosplayer sangat gampang untuk akrab dengan para pecinta anime di berbagai kota. Ini adalah salah satu hal yang membuat cosplay begitu istimewa untuk dijadikan teman. Para cosplayer mengadakan acara kumpul-kumpul itu juga bukan sekadar kumpul nggak jelas, tetapi mereka datang ke event cosplayer juga demi memperluas pergaulan serta jaringan.

  • Jangan menganggap remeh cosplayer Indonesia. Mereka pernah dua kali menyabet juara 3 World Cosplay Summit (WCS) di Jepang

Memang pemberitaannya tak seheboh seperti saat Indonesia juara bulu tangkis. Tapi lihatlah, setidaknya hobi yang seringkali dianggap aneh dan nggak bermanfaat itu pernah membawa harum nama Indonesia di kancah Internasional. Diantaranya juara 3 WCS (World Cosplay Summit) tahun 2012 dan tahun  2014 yang diadakan di Nagoya, Jepang. (Dws)

Let's block ads! (Why?)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...